Selasa, 01 Juli 2014

Ilmu kanuragan yang lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT
Judul buku : Ilmu Kanuragan di Pondok Pesantren Rohmatul Ummah Assalafy Jekulo Kudus
Penulis : M. Rikza Chamami, MSI
Penerbit : IAIN Walisongo Semarang
Tanggal terbit : 2010
Jumlah halaman : 132
Teks :Bahasa Indonesia
Penulis buku IlmuKanuragan di Pondok Pesantren Rohmatul Ummah Assalafy Jekulo Kudus adalah M. Rikza Chamami, MSI lahir di Krandon KotaKudus 20 Maret 1980 dari pasangan Chamami Tolchah dan Masfiyah. Pendidikandasar Beliau mulai TK dan SD di Nawa Kartika Kudus. Setelah tamat SD, masihkembali menjadi siswa MI kelas 5 lagi di Madrasah Qudsiyyah Kuman Kudus.Setelah tamat kelas 6 MI, Beliau melanjutkan di MTs dan MA di almamater yangsama. Pendidikan non formal ditempuh di madrasah Mu’awanatul Muslimin Kudus,Pondok Pesantren Darunnajah Jrakah Tugu Semarang dan kursus Bahasa Inggris diLBPP LIA. Program S.1 ditempuhnya di IAIN Walisongo Semarang JurusanKependidikan Islam (KI) dan Program Minor Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Dalamwaktu kurang dari empat tahun, Beliau berhasil menyelesaikan kuliah S.1 danmendapat predikat mahasiswa terbaik di Jurusan Kependidikan Islam. Skripsi yangdisusun Beliau dengan tebal 260 halaman berhasil mendapat penghargaan SkripsiTerbaik dalam Puslit Award. Selesainya itu, Beliau mengambil kuliah ProgramPascasarjana di IAIN Walisongo Program Studi Pendidikan Islam. Hanya dalamwaktu satu tahun, Beliau berhasil menyandang gelar Master Studi Islam (MSI)dengan predikat cumlaude dan sebagai mahasiswa terbaik S.2 Program StudiPendidikan Islam. Saat ini aktif sebagai Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN WalisongoSemarang. Pengalaman kerjanya sebagai sebagai Redaktur Majalah Al-Mihrab2004-2005, Staf Ahli KPID Jawa Tengah 2004-2006, Asisten Ahli KPI Pusat2006-2009, Wakil Direktur Institute for Media and Local Democracy (IMeLD),Dewan Pakar Student Media Watch (SMW), Direktur Lembaga PengembanganIntelektual dan Pendidikan (LePIP) dan Ketua MAQDIS Foundation. Organisasi yangpernah ditekuni Polisi Keamanan Sekolah (PKS), Saka Bhayangkara Polres Kudus,Gerakan Disiplin Nasional Kodim Kudus, Ikatan Pelajar Madrasah Aliyah Salafiyah(IPMAS), Perhimpunan Pers MahasiswaIndonesia (PPMI), Forum Nasional Pers Pesantren (FNPP), Dewan Permusyawaratan Mahasiswa (DPM), Lembaga PersMahasiswa (LPM) Edukasi, Surat Kabar Mahasiswa (SKM) AMANAT, Keluarga MahasiswaKudus Semarang (KMKS), Ikatan Pelajar Nadlatul Ulama (IPNU), Poros PelajarNasional, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).
· Isi buku secara umum
Dalam buku inimengulas sangat jelas pengertian dari ilmu kanuragan, dan di dalamnya mengulaspenelitian yang dilakukan di Pondok Pesantern Rohmatul Ummah Assalafy JekuloKudus mengenai ajaran Ilmu Kanuragan yang diajarkan disana.
Dalam bab 1berisipendahuluan yang terdiri atas: pendahuluan, rumusan masalah, tujuan penelitian,kerangka konseptual, metodologi dan sistematika penulisan. Disini akan sedikitdiulas kembali apa saja yang dibahas dalam bab 1. Menurut (Mochtar Buchori,1994: 243-245), Beliau menyebut dengan pesantren sebagai pendidikan Islam yangdiselenggarakan secara tradisional, bertolak dari pengajaran al-Qur;an danhadist dan merancang segenap kegiatan pendidikannya untuk mengajarkan kepadasiswa Islam sebagai cara hidup (way of life). Ilmu kanuragan seringdiidentikkan dengan kesaktian dan kelebihan dalam pengobatan spiritual. Salahsatu pondok yang mengajarkan perpaduan ilmu kanuragan dan kitab kuning adalahPondok Pesantren Rohmatul Ummah Jekulo Kudus. Dalam bab ini tujuan daripenelitian adalah untuk menemukan sejumlah model ilmu kanuragan yangdipelajari, menemukan motivasi santri dalam mempelajari ilmu kanuragan,menemukan manfaat ilmu kanuragan dan mengetahui pengajaran ilmu kanuragan dipondok tersebut.
Dalam bab IImembahas tentang ilmu kanuragan dan pondok pesantren. Dalam bab ini berisitentang: makna ilmu kanuragan, pondok pesantren dan tradisi kanuragan, ritualkanuragan di pesantren (praktik mujahadah, praktek riyadhah, praktik puasa) dankontribusi ilmu kanuragan bagi masyarakat. Ilmu kanuragan selalu diidentikdengan sebuah ilmu yang memberikan kekuatan dalam diri manusia. Sebagaiinstitusi agama, pesantren dengan keunikan kanuragan yang dimilikinya membawamakna yang sangat berarti. Sebab kanuragan menjadi ilmu yang sangat unik,selain sebagai aktualisasi pelaksanaan syariat Islam, kanuragan juga menjadiilmu beladiri yang sangat islami. Dan itu semua mempunyai manfaat berupamembangkitkan daya batin santri. Sebab di dalam kanuragan terdapat bagaimanaseseorang berdzikir dan mendekatkan diri kepada Allah dengan teknis pernapasandan puasa.
Dalam bab III, topikyang dibahas adalah deskripsi Pondok Pesantren Rohmatul Ummah Assalafy JekuloKudus. Yang dikaji dalam bab ini adalah struktur demografi Desa Jekulo, tradisikeagamaan Desa Jekulo, sejarah perkembangan Pondok Pesantren Rohmatul UmmahAssalafy, basis keilmuan Pondok Pesantren Rohmatul Ummah Assalafy danpengajaran ilmu kanuragan Pondok Pesantren Rohmatul Ummah Assalafy. Adapuntradisi keagamaan yang berkembang di Desa Jekulo yang notabene merupakan desatempat berdirinya pondok Pesantren Rohmatul Ummah Assalafy adalah tradisikeagamaan layaknya yang berkembang di desa-desa kabupaten Kudus seperti tradisimapathi, mithoni, aqiqah, walimatut tasmiyah, walimatul khitan, walimatul‘ursy, ngejekke/tasliyah (telung ndino, pitung ndino, patang puluh ndino,nyatus, pendak ji, pendak loro, nyewu, haul), berjenjen, tahlil sertabanyak tradisi keagamaan lain yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat sekitar.
Dalam babIV,membahas tentang analisi pengajaran ilmu kanuragan. Ada empat pokok temahasil penelitian ini yang dijabarkan antara lain sebagai berikut: ragam ilmukanuragan, motivasi santri dalam belajar ilmu kanuragan, aneka manfaatmempelajari ilmu kanuragan dan model pengajaran ilmu kanuragan. Motivasi parasantri mempelajari ilmu kanuragan di Pondok Pesantren Rahmatul Ummah adalahuntuk taqarrub ila Allah. dantujuan lainnya untuk memberikan pertolongan kepada orang lain,baik pertolonganyang bersifat fisik atau beladiri dan pertolongan pengobatan. Manfaatmempelajari ilmu kanuragan di Pondok Pesantren Rahmatul Ummah sangat beragam.Paling tidak manfaat itu dibagi menjadi dua yaitu: manfaat bagi diri santri danmanfaat bagi orang lain. Manfaat bagi diri sendiri bisa berupa jadhugdan percaya diri dengan tetap tidak sombong. Dan manfaat bagi orang lain adalahbisa membantu membuat orang merasa nyaman dan bebas dari penyakit. Pengajaranilu kanuragan di Pondok Pesantern Rahmatul Ummah bersifat individualistik dankolektif. Individu adalah dari santri langsung kepada al- Mujiz dengan uruttingkatan ilmu yang diambil. Sedangkan kolektif adalah dengan ijasah bersama(umum).
· Evaluasi buku
Hasilreview dari buku yang berjudul ilmu kanuragan di Pondok Pesantren RohmatulUmmah Assalafy Jekulo Kudus yang ditulis oleh M.Rikza Chamami, MSI dari sampulsangat sederhana, dari judul buku sendiri menurut saya sangat-sangat menarikdan membuat saya penasaran ingin membaca dan mengetahui apa yang dinamakandengan ilmu kanuragan yang selama ini saya memandangnya banyak hal yangnegatifnya karena belum memahami dan mengerti dengan jelas apa itu ilmukanuragan. Setelah saya membaca dua halaman buku tersebut, saya semakintertarik ingin mengetahui lebih mendalam tentang ilmu kanuragan, sangkingtertariknya dengan isi buku tersebut, ingin sekali rasanya saya inginberkunjung ke Kudus untuk mengetahui pondok pesantren tersebut, hal yang selamaini saya beranggapan bahwa ilmu kanuragan itu menyekutukan Allah, ternyata itusemua tidak seperti apa yang ada di pikiran saya. Dari identitas buku lengkap,mulai dari biografi penulis, penerbitnya adalah dari IAIN Walisongo yang dibiayai oleh DIPA IAIN Walisongo Semarang pada tahun 2010.
Darigaya penulisannya bagi saya beberapa bahasa-bahasa jawa yang saya sendiri tidakmengerti apa artinya seperti kawah condrodimuko. Dengan membaca buku inimenambah pengetahuan saya tentang ilmu kanuragan yang dilakukan dengan banyakcara, seperti puasa mutih, dan lain sebagainya. Dari buku ini keseluruhansangat baik dan mampu menarik keinginan saya untuk mengunjungi pondok tersebut.

· Kesimpulan
Dalambuku ini yang ditulis oleh M.Rikza Chamami, MSI menurut saya sangat baik untukdibaca dan dapat menambah pengetahuan yang luas tentang ilmu kanuragan dan tradisi-tradisiyang dilakukan oleh orang jawa. Dapat memberikan pengetahuan tersendiri bahwailmu kanuragan ternyata tidak condong ke arah negatif seperti halnya pandanganmayoritas dari masyarakat termasuk saya sendiri, ternyata ilmu kanuragan banyaksisi positif yang dapat diambil pelajaran, yaitu lebih mendekatkan diri kepadaAllah SWT.
Manfaat membaca buku ini bagi sayamenambah pengetahuan tentang ilmu kanuragan dengan mendalam dan mengetahuiritual kanuragan di pesantren tersebut tanpa saya datang mengunjungi pondoktersebut. Kelebihan dari buku ini adalah bahasa yang dimuat berasal dari bahasajawa terdapat penjelasan dari bahasa jawa tersebut. Kekurangannya adalah dalam buku ini penjelasan tentang ilmu kanuragan di Podok Pesantren Rohmatul Ummah Assalafy Jekulo Kudus tidak begitu dominan, disini yang lebih menonjol adalah tentang ilmu kanuragan di pesantren secara umum. Dan selebihnya saya rasa sulit untuk sayamencari kekurangan dari buku ini, karena menurut saya buku ini bisa dikatakansempurna dan mampu menarik saya untuk membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar