Tugas KTI.
Judul Skripsi yang saya temukan di Perpustakaan FITK mengenai Manajemen Pendidikan Islam:
1. Judul : Strategi Peningkatan Mutu Guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Demak
Tahun : 2011/2012
Penulis : Khoirul Anwar
2. Judul
: Peran Kepala Madrasah dalam Manajemen Madrasah (Studi Kasus
Pelaksanaan Manajemen Pendidikan di MTs. Miftahul Ulum Ngemplak
Mranggen)
Tahun : 2009
Penulis :Masrohah
3. StrategiKepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik di SDI HidayatullahSemarang
Tahun : 2010
Penulis : Azimatul Ulya
Dari ketiga judul skripsi di atas saya lebih tertarik pada judul
skripsi nomor dua, yang berjudul Peran Kepala Madrasah dalam Manajemen
Madrasah (Studi Kasus Pelaksanaan Manajemen Pendidikan di MTs. Miftahul
Ulum Ngemplak Mranggen) yang disusun oleh Masrohah pada tahun 2009.
Dari penulisanskripsi tersebut penulis menjelaskan bahwa di zaman yang
semakin maju ini pendidikan saat ini menjadi pusat perhatian bagi para
masyarakat, dimana masyarakat ingin terjadi perubahan pada pola
pendidikan yang dilaksanakan secara seimbang antara penanaman IPTEK
(Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan IMTAQ (Iman dan Taqwa), yakni pola
pendidikan yang mengarah pada pengembanganIQ (Intellectual Quotient), EQ (Emotional Quotient), dan SQ (SpiritualQuotient).
Dengan adanya kombinasi pola pendidikan ketiga hal tersebut,akan
menjadikan sistem pendidikan yang baik sesuai dengan tujuan yang ingin
dicapai.
Sekolah yang lebih dominan dengan
keagamaan ini ingin menciptakan sistem pendidikan yang mempelajari dua
bidang ilmu sekaligus,yaitu ilmu keagamaan dan ilmu pengetahuan umum
secara seimbang. Dengan adanya sistem yang demikian, maka tentunya tidak
bisa terlepas dari peran kepala sekolah agar mampu merealisasikan hal
tersebut, dan tentunya dibutuhkan kerjasama antara pihak-pihak lain yang
bersangkutan diantaranya yaitu : kepala madrasah, guru, dan tenaga
pendidikan lainnya yang terlibat secara langsung dalam upaya
merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, mengkoordinir serta mengawasi
kegiatan madrasah lembaga tempat mereka mengabdi, mulai dari
pengorganisasian bidang tata usaha, sarana dan prasarana, tenaga
kependidikan, keuangan, serta supervisi dan evaluasi.
Dengan masalah yang begitu kompleks, diperlukan kepala sekolah yang
mampu mengatasi dan menghadapi persoalan yang begitu beragam. Dalam
pelaksanaan tersebut, tentubanyak hambatan yang terjadi, diantaranya
masalah fisik dan non fisik.Permasalah yang bersifat fisik adalah sarana
dan prasarana seperti gedung. Dan masalah non fisik itu seperti tenaga
kependidikan yang kurang memenuhi standar kualifikasi dan kurang
terlatih serta penerapan manajemen yang kurang efektif.
Kepala
sekolah di MTs. Miftahul UlumMranggen termasuk dalam kategori kepala
madrasah yang telah berhasil menerapkan pola manajemen pendidikan,
sehingga menarik untuk diteliti lebih lanjut karena dengan kemampuannya
memadukan semua unsur yang ada di madrasah dan dengan dukungan sistem
manajemen yang baik menjadikan sekolah ini menjadi salah satu pilihan
masyarakat kecamatan Mranggen dan sekitarnya dalam menyekolahkan putra
putrinya, keberhasilan lainnya adalah adanya peningkatan kinerja
guru,kedisiplinan waktu kerja pegawai,tata usaha yang teratur, sampai
pada meningkatnya prestasi ademik dan non akademik siswa.
Dengan latar belakang yang demikian dan kemajuan-kemajuan yang terjadi
di MTs. di atas menjadikan penulis skripsi tertarik untuk mengadakan
penelitian lebih lanjut mengenaiperan kepala MTs. Miftahul Ulum dalam
penerapan manajemen madrasah. Penulis ingin melakukan penelitian
bagaimana peran kepala madrasah dalam pelaksanaan manajemen pendidikan,
faktor-faktor apa yang mendukung dan menjadi penghambat keberhasilan
kepala sekolah dalam menerapkan manajemen pendidikan, dan upaya-upaya
apa saja yang dilakukan kepala madrasah dalam pelaksanaan manajemen
pendidikan di MTs. Miftahul Ulum Mranggen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar